Skip to main content

SEHAT-SEHAT, POLA HIDUP SEHAT

HIDUP HARUS SEIMBANG


 


        Judul yang saya tulis, terlalu sering didengar dalam lingkungan sekitar kita. bahkan bukan hanya lingkungan, tetapi pembelajaran dalam proses pendidikan pun, sangat menekankan tentang pola keseimbangan. terutama yang lebih sering dijumpai pada rumus keseimbangan pelajaran Fisika atau keterkaitannya dalam bidang-bidang yang lain seperti Kimia, Biologi, matematika dan bidang Olahraga ataupun kebahasaan. Keseimbangan tak pernah luput dari hidup kita.

       keseimbangan menurut penulis adalah suatu keadaan dimana tercipta dua unsur yang terbentuk antara satu dengan yang lainnya memiliki porsi yang sama, isi yang sama, volume yang sama, dan ruang yang sama pula. keseimbangan lebih tepat  menunjuk pada kualitas dan kuantitas suatu unsur membentuk pola yang sama dan tentunya saling berhubungan satu dengan lainnya.

       begitu luas memang tentang kata arti seimbang, hingga dapat di artikan dalam sudut pandang manapun. Namun apa yang sebenarnya membuat kata "seimbang" sangat begitu khusus harus dibahas. hingga orang melakuhkan berbagai cara dan upaya untuk dapatkan keseimbangan dalam bentuk apun.

        Hidup memang harus seimbang satu dengan yang lainnya. keseimbangan mampu membuat kita dapat beradaptasi dengan apapun dan dimanapun termasuk dalam tubuh kita. karena begitu sangat pentingnya, hingga tercipta rumus keseimbangan guna sebagai tolak ukur dalam hitung menghitung maupun berpikir. Keseimbangan menjadi suatu hal yang lumrah, tetapi juga menjadi hal yang luput dari bagian prioritas hidup kita. masih banyak anak muda sekarang yang mengabaikan Keseimbangan, hingga dampaknya berakhir dimasa menginjak tua. begitupun sebaliknya ketika datang masa tua, yang sudah pasti berkurangnya daya energi untuk beraktifitas seperti masa muda dulu maka berpengarulah dalam penerapan hidup seimbang. karena bukan hanya sedikit terlambat, tetapi juga tak mampunya tubuh untuk dapat beradaptasi.

       pola hidup seimbang akan mampu menghantarkan pada gaya hidup yang lebih baik dan sehat. coba bayangkan setiap hari kita disajikan dengan berita-berita gembar-gembor timbul macam penyakit baru yang datang dari berbagai prodak makanan instan yang siap saji yang sudah menjadi bagian dari hidup kita, dari mulai makanan/minuman primer hingga yang sekunder semua sudah siap dan cepat. Belum hal yang menyangkut aktifitas fisik, bekerja seharian, melembur berjam-jam didepan laptop ataupun berbagai jaringan elektronik lainnya. isitahat sangat kurang dan diabaikan, makan sekena dan sekenyangnya yang terpenting cepat dan lezat dan berbagai hal lainnya. alangkah sangat begitu limit kesehatan kita tanpa benar-benar kita sadari.

       apabila dapat kita pikirkan, sebenarnya bukan salah pada olahan makanan ataupun minuman yang kita makan, bukan juga pada peralatan elektronik yang sedang kita bawa, atau juga bukan pula pada padatnya aktifitas kerja kita sebagai seorang pegawai, ibu rumah tangga, anak sekolah dan kuliah yang membuat kita berpikir instan. Tetapi gaya hidup kitalah yang selama ini salah. mengesampingkan Hidup Seimbang sedang tidak menyadari bahwa kita benar-benar sangat membutukan hal tersebut.

       bagaimana apabila kita sedikit demi sedikit menyeimbangkan rutinitas kita sehari-hari agar tak monoton hingga membawa pada terserangnya penyakit. sedang yang dapat diketahui, Penyakit itu akan cepat menyerang pada tubuh kita, disebabkan aktifitas tubuh bergerak hanya kesatu arah. Sedang kita pahami tubuh mampu bergerak kesegala arah seperti melakuhkan berbagai adaptasi lingkungan melatihnya setiap hari. begitupun dengan pola asupan makanan yang paling primer untuk tubuh. tentunya makanan yang sehat adalah makan yang disediakan dalam per hari mengandung unsur 5W+1H selain dari pada itu disetiap harinya pula kita mendapatkan asupa-asupan gizi yang berbeda dengan menggonta-ganti menu makanan setiap hari. tentunya akan menambah pola keseimbangan nutrisi makanan kita akan terjaga dan proses metabolisme akan lancar. 

     begitupun sebaliknya dengan pekerjaan kita. ditengah aktifitas yang padat kita mampu mengontrol dan disiplin dengan waktu, kapan kita harus beristirahat melakuhkan refress untuk menjaga keseimbangan hormon dan oksigen yang mampu memicu stressdan kapan kita harus segera bekerja. karena tentunya  disetiap bekerja, kita akan sering berhadapan pada layar monitor ataupun HP dan peralatan sejenisnya, yang akan mengganggu aktifitas jaringan tubuh hingga semakin cepat lelah dan lemot dalam berpikir. disinilah sistem kekebalan tubuh kita akan cepat diserang.

       begitulah dampak buruk apabila kita tidak dapat menjaga pola keseimbangan hidup kita dan berdampak baik bagi yang mampu menjaganya. seimbang itu memang tak mudah. tetapi setidaknya kita sesegera mungkin memulai dari sat ini, agar menjadi bagian dari prioritas yang kita selalu utamakan.  hidup yang seimbang akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh kita dan begitupun sebaliknya. pola hidup yang tidak seimbang akan berdampak buruk yang mampu mengurangi bagian dari umur panjang kita. karena hal yang tidak seimbang itu apapun dan dimanapun tempatanya adalah sesuatu hal yang tidak baik dalam hidup.

Percayakan Sobat....?







Comments

  1. terimakasih untuk tips pola hidup sehatnya

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-penyakit-liver/

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik🙂

Popular posts from this blog

MARI KITA MULAI MENJAGA DAN MERAWAT | SEHAT-SEHAT

🌍🌍🌍 Tahukah kalian, dibumi ini tinggal berbagai macam benda hidup dan benda mati. 🌾  🌊   🌙     🐱   🍒  🗿 Benda hidup dan benda mati akan selalu tinggal bersama dibumi.  Benda hidup dan benda mati tidak akan pernah bisa habis dari bumi. Mengapa? Karena mereka adalah benda-benda yang menyusun bumi ini dengan baik, seperti: hewan, tumbuh-tumbuhan, air, angin, manusia dan lain sebagainya. 🌾      🌲     🐅     🌅 Tanpa benda hidup dan benda mati, bumi ini tidak akan bisa berbentuk dan memiliki isi. Karenanya, kita harus paham dan mengerti bahwa Allah Subhanahuataalla menciptakan benda hidup dan benda mati agar bumi ini tetap tersusun baik yaitu berbentuk dan memiliki isi. Karena Tanpa benda hidup dan benda mati yang telah Allah Subhanahuatalla ciptakan, maka tidak akan ada kehidupan dibumi ini. Maka Marilah kita mensyukuri semua yang telah diciptakan-Nya yaitu salah satunya dengan mengucapkan "alhamdulillah". Adapun mensyukur

MENJAGA KESEHATAN DENGAN MENDENGARKAN AL-QURAN

Sehatsehat- Banyak dari kita tentu sudah mengetahui berbagai manfaat dari membaca Al-quran baik untuk kesehatan tubuh, psikologi, maupun keberkahan hidup. namun tahukah kalian bahwa ternyata bukan hanya sekedar membaca yang mendapat berbagai manfaat dari Kitab yang penuh mukjizat ini akan tetapi pula bagi si pendengarnya. Lalu benarkah demikian benar-benar istimewanya Al-quraan hingga yang hanya berinteraksi terkcilpun seperti mendengar mendapat keberkahannya?. hem.. daripada penasaran, berikut ini penjelasan tentang manfaat mendengarkan ayat Al-quran bagi pendengarnya. 1.       Menurunkan Stress Setiap dari kita tentu pernah mengalami gejolak jiwa yang satu ini. betapapun tidak dirasa maupun terasa tentu setiap yang hidup akan tetap mengalaminya, sama halnya seperti lelah, capek, lesu, sedih dan lain-lain. bukan hanya manusia sebagai mahluk hidup yang komplek dalam interaksinya, akan tetapi mahluk hidup seperti hewan pun dapat mengalami goncangan jiwa dalam dirinya. oleh k

HUKUM MAKANAN, MINUMAN, DAN OBAT DARI KHAMR

Selamat Siang Guys... Hari Ini Saya Akan Berbagi Artikel Seputar Kesehatan Yaitu Mengenai Bagaimana Hukum Dari Makanan Dan Minuman Yang Banyak Atau Sedikitnya Mengandung Alkohol . Seperti Yang Telah Kita Tahu, Makan Ataupun Minuman Yang Mengandung Alkohol Merupakan Bagian Dari Kuliner Yang Sudah Turun Temurun Menjadi Sajian Yang Dinanti-Nantikan Keberadaannya Pada Setiap Pesta-Pesta Atau Acara Hari Raya Yang Ada Dalam Masyarakat Nusantara.  Sebenarnya, Makanan Dan Minuman Ini Bukan Hanya Berkembang Di Nusanatara Akan Tetapi Pula Di Negara-Negara Lainnya Dan Hal Ini Termasuk Dari Adat-Istiadat Warisan Kuliner Turun Temurun Disetiap Masyarakat. Namun Sebagai Masyarakat Islam Tentu Saja Merasa Sangat Was-Was Ketika Menyadari Adanya Makanan Atau Minuman Yang Mengandung Alkohol Berada Dalam Sajian Konsumsi Mereka. Dimana Secara Jelas Dalam Al-Quran Melarang Kaum Muslim Mengkonsumsi Barang Yang Diharamkan Satu Ini. Lalu Mungkinkah Kita Tidak Bisa Benar-Benar Mengkinsumsinya?, Walaupu