Skip to main content

MENJAGA KESEHATAN DENGAN MENDENGARKAN AL-QURAN



Sehatsehat- Banyak dari kita tentu sudah mengetahui berbagai manfaat dari membaca Al-quran baik untuk kesehatan tubuh, psikologi, maupun keberkahan hidup. namun tahukah kalian bahwa ternyata bukan hanya sekedar membaca yang mendapat berbagai manfaat dari Kitab yang penuh mukjizat ini akan tetapi pula bagi si pendengarnya. Lalu benarkah demikian benar-benar istimewanya Al-quraan hingga yang hanya berinteraksi terkcilpun seperti mendengar mendapat keberkahannya?. hem.. daripada penasaran, berikut ini penjelasan tentang manfaat mendengarkan ayat Al-quran bagi pendengarnya.

1.      Menurunkan Stress
Setiap dari kita tentu pernah mengalami gejolak jiwa yang satu ini. betapapun tidak dirasa maupun terasa tentu setiap yang hidup akan tetap mengalaminya, sama halnya seperti lelah, capek, lesu, sedih dan lain-lain. bukan hanya manusia sebagai mahluk hidup yang komplek dalam interaksinya, akan tetapi mahluk hidup seperti hewan pun dapat mengalami goncangan jiwa dalam dirinya. oleh karenanya, banyak sekali berbagai banyak pihak Ahli kesehatan maupun obat-obatan media ataupun obat-obatan yang menawarkan bantuan atau antisipasi dalam menanggulangi gangguan kesehatan yang satu ini.
Terkhusus pula dalam agama Islam, tentu gangguan kesehatan yang satu ini tidaklah luput dari pembahasan para ahli Islam bidang kesehatan maupun ilmu fiqh terapan sebagai salah satu cara menanggulangi tingkat kesenjangan ekonomidan sosial.
oleh karena itu, hal inilah mengapa Allah Subhanahuataalla menurunkan ssebuah ayat yang begitu istimewa baiknya yaitu bagi mereka yang memahami berbagai manfaat dalam  berpedoman dengan ayat yang satu ini yaitu salah satu manfaatnya menjaga kesehatan si pendengar baik jasmani dan rohani dengan mendengarkan Al-Quran :

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan apabila dibacakan al-Qur’an, maka dengarkanlah (baik-baik) dan diamlah (memperhatikan) dengan tenang agar kamu sekalian dirahmati.” QS. Al-A’raf: 204
Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa diperintahkan bagi kita untuk diam ketika suatu ayat Al-Quran dibacakan atau dilantunkan hal ini supaya kitapun mendapat rahmat dari Al-quran tersebut sebagaimana si pembacanya. karena begitu Agungnya ayat Al-Quran itu sehingga rahmatnya pun mengalir bagi siapa saja yang mendengarkannya dengan penuh seksama.
Adapun rahmat yang disebutkan diatas itu begitu banyak dan salah satunya adalah rahmat sehat  dengan menurunkan tingkat stress seseorang. karena adapun sebutan Al-Quran sebagai penawar obat atau sebagai bahan penyembuhan juga disebutkan dalam ayat yang lain :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌوَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلاَ يَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ إِلاَّخَسَارًا

Dan Kami turunkan dari al Quran suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS al-Isra : 82)
Dari ayat diatas jelas sekali bahwa Al-Quran adalah Obat yang paling baik untuk menjaga maupun menyembuhkan segala penyakit (Jika kronis didampingi dengan obat penunjang lainnya yang disunnahkan) sebagai salah satu untuk mengobati penyakit jiwa. Dimana mampu menghilangkan emosi negative dan menghadapi pengaruh negative yang dapat menyebabkan penyakit jiwa yang jika dibiarkan akan menimbulkan penyakit kronis.(Yusuf Al-Hajj Ahmad: 21).

2.      Merangsang Sistem Imun
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa Al-quran secara spesifik mampu membantu pasien dalam menurunkan emosi negative dan membentuk emosi positif yang berdampak pada pembentukan system imun yang berguna bagi pengembalian kekebalan tubuh  dalam penyembuhan pada penyakit kronis. Hal yang sama juga didapat dari beberapa obat yang dianjurkan dalam pengobatan secara Sunnah seperti habatus sauda yang merupakan obat segala penyakit kecuali kematian. sehingga memang Al-quran itu merupakan obat yang paling utama sebelum obat-obat yang lainnya untuk di terapkan kepada seorang yang mengalami suatu penyakit kronis dalam tubuhnya.

Oleh karena itu melalui dua poin diatas tadi maka kita memiliki dua kesimpulan yaitu dengan mendengarkan Al-quran maka merupakan langkah utama yang menjadi jalan menuju penyembuhan suatu penyakit dari gejala maupun kronis. Dampak yang kedua yaitu pencegahan penyakit jasmani maupun rohani semua mahluk dibumi ini yang penerapannya hampir tidak memiliki efek samping. Wallahualam.


DAFTAR PUSTAKA
Yusuf Al-Hajj Ahmad, Panduan Pengobatan Islami, Solo:Media Profetika:2016.

Comments

Popular posts from this blog

MARI KITA MULAI MENJAGA DAN MERAWAT | SEHAT-SEHAT

🌍🌍🌍 Tahukah kalian, dibumi ini tinggal berbagai macam benda hidup dan benda mati. 🌾  🌊   🌙     🐱   🍒  🗿 Benda hidup dan benda mati akan selalu tinggal bersama dibumi.  Benda hidup dan benda mati tidak akan pernah bisa habis dari bumi. Mengapa? Karena mereka adalah benda-benda yang menyusun bumi ini dengan baik, seperti: hewan, tumbuh-tumbuhan, air, angin, manusia dan lain sebagainya. 🌾      🌲     🐅     🌅 Tanpa benda hidup dan benda mati, bumi ini tidak akan bisa berbentuk dan memiliki isi. Karenanya, kita harus paham dan mengerti bahwa Allah Subhanahuataalla menciptakan benda hidup dan benda mati agar bumi ini tetap tersusun baik yaitu berbentuk dan memiliki isi. Karena Tanpa benda hidup dan benda mati yang telah Allah Subhanahuatalla ciptakan, maka tidak akan ada kehidupan dibumi ini. Maka Marilah kita mensyukuri semua yang telah diciptakan-Nya yaitu salah satunya dengan mengucapkan "alhamdulillah". Adapun mensyukur

HUKUM MAKANAN, MINUMAN, DAN OBAT DARI KHAMR

Selamat Siang Guys... Hari Ini Saya Akan Berbagi Artikel Seputar Kesehatan Yaitu Mengenai Bagaimana Hukum Dari Makanan Dan Minuman Yang Banyak Atau Sedikitnya Mengandung Alkohol . Seperti Yang Telah Kita Tahu, Makan Ataupun Minuman Yang Mengandung Alkohol Merupakan Bagian Dari Kuliner Yang Sudah Turun Temurun Menjadi Sajian Yang Dinanti-Nantikan Keberadaannya Pada Setiap Pesta-Pesta Atau Acara Hari Raya Yang Ada Dalam Masyarakat Nusantara.  Sebenarnya, Makanan Dan Minuman Ini Bukan Hanya Berkembang Di Nusanatara Akan Tetapi Pula Di Negara-Negara Lainnya Dan Hal Ini Termasuk Dari Adat-Istiadat Warisan Kuliner Turun Temurun Disetiap Masyarakat. Namun Sebagai Masyarakat Islam Tentu Saja Merasa Sangat Was-Was Ketika Menyadari Adanya Makanan Atau Minuman Yang Mengandung Alkohol Berada Dalam Sajian Konsumsi Mereka. Dimana Secara Jelas Dalam Al-Quran Melarang Kaum Muslim Mengkonsumsi Barang Yang Diharamkan Satu Ini. Lalu Mungkinkah Kita Tidak Bisa Benar-Benar Mengkinsumsinya?, Walaupu